Kolonisasi Beberapa Jamur Antagonis Pada Akar Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) dan Pengaruhnya Terhadap Penekanan Penyakit Antraknosa yang Disebabkan Oleh Colletotrichum gloeosporioides

  • Nurbailis Jamarun Universitas Andalas
  • Yunisman Yunisman Universitas Andalas

Abstract

Penyakit antraknosa merupakan penyakit penting pada tanaman cabai yang disebabkan oleh Colletotrichum gloesporioides. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jamur antagonis unggul yang mampu mengkolonisasi akar tanaman cabai dan efektif mengendalikan penyakit antraknosa yang disebabkan oleh Colletotrichum gloesporioides. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 10 perlakuan dan 4 ulangan. Jamur antagonis yang digunakan yaitu: Trichoderma isolat 1, Trichoderma isolat 2, Trichoderma isolat 3, Trichoderma isolat 4, Paecilomyces isolat 1, Paecilomyces isolat 2, Paecilomyces isolat 3, Paecilomyces isolat 4, dan Aspergilus sp. Aplikasi jamur antagonis dilakukan dengan merendam akar tanaman cabai pada suspensi jamur dan aplikasi jamur patogen dilakukan dengan menyemprotkan suspensi jamur pada buah cabai sampai seluruh permukaannya basah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jamur antagonis yang diuji mampu mengkolonisasi akar tanaman cabai. Isolat yang terbaik dalam mengkolonisasi dan penekanan penyakit antraknosa adalah Trichoderma isolat 3 yang memiliki kemampuan kolonisasi sebesar 95,83%, persentase buah terserang 18,75% dan intensitas serangan sebesar 20% dan Trichoderma isolat 1 memiliki kemampuan kolonisasi sebesar 91,66%, persentase buah terserang 25,00% dan intensitas serangan sebesar 32,50%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurbailis Jamarun, Universitas Andalas

Proteksi Tanaman

Published
2017-10-17
How to Cite
JAMARUN, Nurbailis; YUNISMAN, Yunisman. Kolonisasi Beberapa Jamur Antagonis Pada Akar Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.) dan Pengaruhnya Terhadap Penekanan Penyakit Antraknosa yang Disebabkan Oleh Colletotrichum gloeosporioides. Jurnal Proteksi Tanaman, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-9, oct. 2017. ISSN 2621-3141. Available at: <http://jpt.faperta.unand.ac.id/index.php/jpt/article/view/7>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/jpt.1.1.1-9.2017.
Section
Articles